Teknologi Perangkat Wireless


Teknologi Perangkat Wireless

Perangkat jaringan berbasis wireless saat ini sangat populer didunia. Berdasarkan jangkauan areanya, jaringan berbasis wireless dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:
1.   WPAN (wireless personal area network)
WPAN memiliki area yang sangat sempit,maksimal 20 meter dengan kecepatan rata-rata Mbps seperti wireless mouse, keyboard, printer, dan headset. Standar wireless PAN adalah 802. 15 yang secara khusus mengatur penggunaan teknologi inframerah dan bluetooth.

2.   WLAN (wireless local area network)
Penggunaan  jaringan menggunakan media transmisi kabel sudah mulai bergeser dengan teknologi wireless. Karena kemudahannya, jangkauan tipe WLAN dapat mencapai 500 meter. Untuk membangun WLAN diperlukan beberapa perangkat keras, seperti access point, WLAN card, dan komputer client.

3.   WAN (wireless wide area network)
Jangkauan wireless WAN sangat luas, mencakup area negara bahkan antarnegara. Biasanya disediakan oleh perusahaan provider telekomunikasi yang memanfaatkan teknologi CDMA, GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSPDA, 4G. Komunikasi data mencakup internet, audio, dan video yang bersifat streaming online. Bentuk komunikasi jaringan WAN meliputi point to point, sirkuit switching, dan paket switching.

Jenis-jenis perangkat keras yang dapat digunakan untuk mendukung sistem jaringan berbasis wireless (nirkabel) antarta lain sebagai berikut :

1.   Access point
Access point berfungsi sebagai pemancar dan receiver sinyal radio. Access point juga memungkinkan setiap peranti jaringan dapat terhubung satu sama lain. Biasanya, peranti access point sudah dilengkapi dengan fitur router dan DHCP server.


2.   WLAN card
WLAN card merupakan peranti keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyak analog atau sebaliknya. WLAN card dapat berupa kartu jaringan dengan slot PCI, USB, PCMCIA (model lama).


3.   Repeater
Repeater merupakan perangkat keras yang berfungsi memperkuat gelombang radio yang dipancarkan oleh access point agar mudah diterima oleh perangkat klien walaupun dalam jarak yang cukup jauh.

 

4.   Bridge
Bridge merupakan tipe peranti nirkabel yang berfungsi sebagai penghubung  antara terminal dengan jaringan lainnya, walaupun berbeda metode transmisi data atau access controlnya.

.

5.   Antena
Antena memiliki peran penting dalam mendistribusikan polarisasi gelombang radio dalam bentuk elektromagnetik dan memperkuatnya. Ada beberapa jenis antena yang berkembang saat ini, antena jenis omni, yagi, grid, dan parabolic.







SEKIAN
TERIMA KASIH

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »