Jaringan Komputer


Jaringan Komputer




A.     Apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer merupakan sebuah konsep hubungan/interkoneksi antar sekumpulan parangkat.Antar perangkat harus dibuat saling terhubung, apabila da perangkat yang tidak terhubung ,maka konsep tersebut bukan termasuk dalam definisi jaringan.

B.     Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan area

1.    PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan komputer yang transmisi datanya antara perangkat pribadi saja seperti tablet, komputer, handphone, konsol game dan lain sebagainya. PAN ini juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan antara perangkat komputer pribadi, dalam artian yaitu komunikasi  secara interpersonal.



2.    LAN (Local Area Network)
Adalah sebuah jaringan yang terdapat dalam satu gedung, kantor, dan kampus.LAN tidak terpaku pada jumlah perangkat yang dihubungkan, akan tetapi lebih mengacu kepada penempatan jaringan pada tempat yang sama.



3.    MAN  (Metropolitan Area Network)
ada jenis jaringan komputer satu ini dapat digunakan pada luar area mencakup 10 KM sampai dengan 50 KM. Cakupan dari area yang digunakan oleh jaringan MAN ini terbilang cukup luas.Dan MAN merupakan jaringan yang sering digunakan untuk dapat menghubungkan beberapa jaringan LAN yang akan membentuk sebuah jaringan yang lebih luas lagi. Maka dari itu jaringan ini sangat cocok untuk digunakan pada jaringan di sebuah pemerintahan pusat dalam suatu kota.



4.     WAN (Wide Area Network)
WAN adalah hubungan antar jaringan LAN, namun terletak pada wilayah goegrafis yang berbeda.Pada umumnya jaringan WAN adalah sebuah konsep dalam menghubungkan antar jaringan LAN yang terletak pada jarak yang relaif jauh, misalnya provinsi.



5.    Internet
Internet adalah sebuah konsep dalam menghubungkan banyak jaringan, bahkan bisa sampai jutaan jaringan.Jaringan internet lebih dikenal sebagai jaringan umum (public). Semua orang didunia bisa dihubungkan dengan menggunakan jaringan internet .








SEKIAN
TERIMA KASIH




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »