Cara install dan Konfigurasi Trixbox sebagai server VoIP


Assalamualaikum teman-teman. Kembali lagi diblog saya. Kali ini saya mau berbagi ilmu tentang cara install dan konfigurasi trixbox. Semoga kalian tidak bosa dengan tulisan-tulisan saya ya he he. Semoga bermanfaat man teman :) 




  • PENGERTIAN TRIXBOX ?

Trixbox (Asterisk@home) adalah VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut. Dahulu seorang user dituntut untuk menjadi seorang programmer jika ingin mengimplementasikan VoIP karena User Interface yang tidak Friendly. oleh karena itu untuk mengatasi masalah seperti itu diluncurkannya Trixbox dengan penggunaan yang sangat mudah karena menu utama yang berbasiskan web browsure untuk menkonfigurasi dan mengatur sistem, serta pasket-paket untuk VoIP Server dijadikan dalam satu bundle dengan operating system CentOS sehingga menjadi sistem Trixbox CE. Trixbox dibuat oleh Andrew Gillis pada bulan november 2004 dengan tujuan untuk membuat para pengguna komputer biasa dapat menggunakan secara maksimal Asterisk PBX system tanpa dibutuhkannya pengajar atau pengetahuan lebih mengenai VoIP. Sebelumnya Trixbox menggunakan nama Asterisk@home, namun dikarenakan Asterisk merupakan nama dagang dari perusahaan Digium.Ltd dan @home tidak sesuai dengan fungsionalitas dari Trixbox yang dapat melayani lebih dari sekedar pengguna rumahan atau bisnis sekala kecil dan menengah.
Trixbox menggunakan komponen-komponen berikut:
  1. Sistem Operasi : CentOS Linux
  2. Database : MySQL
  3. VoIP Server : Asterisk
  4. Tampilan GUI : FreePBX2. 


  •  TAHAPAN INSTALASI TRIXBOX
Untuk installasi trixbox bisa langsung di install di PC/Server/Laptop atau VirtualBox VMware. Langkah-langkah installasi trixbox sebagai berikut :

1. Tampilan pertama yang muncul pada trixbox. pada tampilan ini tekan enter saja untuk melanjutkan penginstallan.


2. Tahap selanjutnya muncul tampilan keyboard type dan pilih US, lalu klik OK.

3. Tahapan selanjutnya muncul tampilan time zone selection, dan pilih asia/jakarta, lalu klik OK.

4. Tahapan selanjutnya muncul tampilan root password, masukkan password yang nantinya akan kalian gunakan, setelah itu klik OK.

5. Tahapan selanjutnya muncul tampilan package installation, pada tahapan ini tunggu hingga selesai.

6. Setelah proses instalasi selasai, Maka tahapan selanjutnya muncul tampilan " Welcome To Trixbox CE "

7. Jika sudah mendapat IP otomatis seperti 10.10.2.21 seperti pada gambar diatas kita bisa langsung masuk web browser pengguna dengan memasukan IP Address trixbox otomatis pada address bar browser. kemudian pilih user mode (switch) untuk masuk ke mode administrator                         trixboxTahapan selanjutnya adalah masukkan username : maint, dan password : password anda, lalu klik log in.



8. Jika sudah berhasil login, pilih PBX > PBX Setting > Extensions > Device : Generic SIP Device > Submit.
9. Pada tahap ini muncul add sip axtension. Isikan kolok user extension, display name, secret (password), status vmx locaterim, use when, voicemail, dan voicemail password jika sudah maka kita lihat submit.


10. Penambahan extentions yang kedua. isikan kolok user extension, display name, secret (password), status vmx locaterim, use when, voicemail, dan voicemail password jika sudah maka kita lihat submit. Untuk extension ini disesuaikan dengan berapa Client kita yang menggunakan SIP nya.
11. Ini salah satu Step yang penting dimana kita harus mengklik Apply Configuration Changes disetiap penambahan extention dan nanti akan muncul tampilan baru yang kebetulan tidak saya cantumkan disini hehe tapi pada bagian itu kita langsung klik continue with reload .

12. Selanjutnya kita akan mengkonfigurasi client GS WAFE di HP. Langkah pertama klik Account Setting, + , pilih SIP Account.







13. Isi Account name : ayu dwi, SIP Server : 10.10.2.21, SIP User ID : 2345, SIP Authentication ID : 2345, Password :2345. Kalau sudah klik centang. Buat satu SIP Account lagi dengan nomor 1234 seperti yang sudah dikonfigurasi di browser. Coba cek dengan melakukan panggilan dan Video Call.











SEKIAN DAN TERIMA KASIH

   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »