Cara Routing RIP Dengan Mikrotik


Konfigurasi Routing Information Protocol (RIP)

A.     Pengertian RIP
Routing Information Protocol (RIP) adalah routing protocol yang sangat sederhana dan masuk dalam kategori Interior Gateway Protocol. RIP merupakan routing protocol yang hanya melihat arah dan jarak untuk menuju suatu jaringan tujuan. RIP tidak memiliki peta yang lengkap tentang jaringan yang ada. RIP menggunakan hop count sebagai metric dan link dengan hopcount terkecil yang akan menjadi link terbaik (best path). Router-router yang menjalankan RIP akan saling bertukar informasi dengan router tetangganya (neighbor). Informasi yang akan dipertukarkan adalah tabel routing miliknya, dengan kata lain sebuah router akan mengirimkan atau meneruskan tabel routingnya kedalam neighbour router.

B.     Alat dan Bahan :
1.      Router Mikrotik
2.      Kabel LAN
3.      Adapter
4.      PC/ Laptop

C.     Topologi Jaringan


D.     Tahap Pelaksanaan (step by step)
1.      IP jaringan yang terkoneksi langsung dengan router 2 yaitu IP Addrees 10.11.12.1/30  yang berada pada jaringan 10.11.12.0 dengan menggunakan interface ether4 dan IP Address 192.168.2.2/24 di jaringan 192.168.2.0 dengan menggunakan interface ether1 yang terhubung dengan PC.Seting ip address pada tab IP >  Address >  + > ethernet 1 untuk pc, dan ethernet 4 untuk router 2.


2.      Kemudian tambahkan pada tab Routing  > RIP > Interfaces > + Tekan saja apply dan ok. Tanpa konfigurasi karena jalur masuk pada intefaces akan langsung terisi otomatis pada semua interfaces.


3.     Selanjutnya pilih pada tab neighbour seting neighbour pada Router > RIP > Neighbour isikan ip gateway pada masing-masing router, misal router 1 mengisikan gateway router 2, begitu pula sebaliknya.


4.     Kemudian kita tambahkan network pada settingan RIP. Isikan network di tab Router > RIP> pilih tab Network. Isikan saja 0.0.0.0/0 agar semua ip dapat berjalan pada jalur routing. Klik apply dan ok.


5.   Cek apakah settingan berhasil, pilih tab kiri IP > Routes jika muncul DAr dan statusnya reachable maka settingan berhasil.


6.  Untuk konfigurasi di router 2 sama dengan router 1, sesuaikan ip addresnya pada topologi.


7.  Ping ke alamat ip dari PC 1 ke PC 2. Jika berhasil maka akan tampil bit paket yang terkirim, lakukan juga dari PC 2 ke PC 1.




"SEKIAN DAN TERIMA KASIH"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »